Minggu, 08 Oktober 2017



Nama                          : Shafa GiyanA’yuni
NIM                            : 01716146259
Prodi                           : MIK
Kelas/Semester           : A/I
Mata Kuliah                : Manajemen Media
Dosen                          : Ibu Yolanda Presiana Desi



MAJALAH FEMINA
Femina Group adalah perusahaan yang didirikan pada awal tahun 1970 an. Perusahaan ini menerbitkan 13 majalah lokal maupun yang berlisensi global, salah satunya adalah majalah femina. Selain majalah, Femina Group juga memiliki berbagai unit usaha lain, yakni dua stasiun radio dan rumah produksi.
            Majalah femina sendiri terbit pertama kali pada awal tahun 1970 an dan merupakan majalah yang populer hingga saat ini. Selain dalam bentuk cetak, majalah femina juga hadir dalam versi online. Majalah ini membahas soal wanita mulai dari kecantikan, cinta, karir, parenting, resep, dan sebagainya. Isu wanita yang hadir dalam majalah femina juga sesuai dengan kondisi dan situasi masyarakat Indonesia yang terjadi. Banyak selebritis terkenal asal Indonesia yang sudah menghiasi halaman majalah femina. Selain menyajikan berita soal wanita, ada pula kisah inspiratif yang bisa menggugah semangat para wanita untuk menjadi lebih baik.



PROFIL MAJALAH FEMINA

Kategori                      : Majalah wanita
Penerbit                       : PT Gaya Favorit Press
Frekuensi                     : Mingguan
Bahasa                         : Indonesia
Full pages                    : 21.4 cm x 28.4 cm
Deadline materi           : 3 minggu sebelum edar
Oplah awal                  : 20.000 eksemplar
Isi                                 : -   Fashion and beauty
 -      Resep-resep makanan
 -      Info- info praktis untuk wanita
 -      Hal-hal kewanitaan
 -      Karir dan relationship
Jumlah halaman           : 48
Komposisi editorial      : -   Mode & kecantikan (25%)
  -      Kuliner & rumah (25%)
  -      Pengembangan diri, karir, dan keuangan (20%)
  -      Relationship dan seks (15%)
  -      Kesehatan & kebugaran (15%)
Official addres             : Gedung Femina lantai 5 Jalan HR Rasuna Said, Blok B, Kav 32-33, Jakarta  12910
Website                        : www.femina.co.id
Email                            : -   info@femina-online.com
  -     kontak@femina.co.id
Mailing list                  : http://groups.yahoo.com/group/femina-friends


DATA PENDISTRIBUSIAN (140.000 eksemplar)
DKI Jakarta                            : 60%
Jawa Barat & Banten             : 9%
Jawa Timur                             : 9%
Sumatera                                 : 7%
Jawa Tengah & DIY               : 6%
Sulawesi                                  : 3%
Kalimantan                              : 3%
Bali & Nusa Tenggara             : 2%
Lainnya                                    : 1%

TENTANG PEMBACA
Sasaran pembaca                     : Wanita berusia 25-35 tahun
Status pembaca                        : -   Lajang atau menikah
  -     Bekerja dan berwirausaha
Pendidikan                               : S1-S2





KARAKTERISTIK PEMBACA
-   Wanita yang sangat memperhatikan penampilan dan pengikut tren sejati             :  98%
-       Wanita yang menganggap perawatan tubuh penting                                             :  97%
-       Wanita yang menjadikan perhiasan sebagai penunjang penampilan                     :  95%
-       Wanita yang merasa bahwa dirinya fashionable                                                    :  84%
-       Wanita yang menyukai mode terkini                                                                      :  70%
-       Wanita pecinta aksesoris                                                                                         :  70%
-       Wanita yang melakukan perawatan kecantikan di salon dan rumah                       :  70%
-       Wanita yang melakukan olahraga teratur dan diet seimbang                                  :  60%
-       Wanita yang mapan secara keuangan                                                                      :  60%
-       Wanita yang menyisihkan pendapatannya untuk investasi                                      :  60%
-       Wanita yang mandiri atas penghasilan yang diperoleh                                            :  41%
-       Pembaca yang menilai artikel di majalah femina sangat berguna                            : 94%
-       Pembaca yang menganggap majalah femina sebagai sumber informasi utama       : 90%
untuk mengetahui produk perawatan wajah dan tubuh terbaru


TARIF IKLAN DISPLAY PER KAVLING
-       1 full page advertorial (FC) materi dibuat oleh femina                                             Rp. 62.250.000
-       1 full page (FC) halaman dalam, trim 21.4 x 28.4 cm, bleed 22.2 x 29.2 cm           Rp. 41.500.000
-       ½ halaman vertikal (FC), trim 10.5 x 28.4 cm, bleed 11.3 x 29.2 cm                       Rp. 33.500.000
-       ½ halaman horisontal (FC), trim 21.4 x 14 cm, bleed 22.2 x 14.8 cm                      Rp. 33.500.000
-       1/9 halaman (FC) mini ad, trim 5.5 x 7.75 cm                                                          Rp. 6.250.000
-       2/9 halaman horisontal (FC) mini ad, trim 11.5 x 7.75 cm                                       Rp. 8.750.000
-       2/9 halaman vertikal (FC) mini ad, trim 5.5 x 16 cm                                                Rp. 8.750.000
-       3/9 halaman horisontal (FC) mini ad, trim 18.5 x 7.75 cm                                       Rp. 13.000.000
-       3/9 halaman vertikal (FC) mini ad, trim 5.5 x 25 cm                                                Rp. 13.000.000
-       Cover 2 + halaman 3 (FC), trim 42.8 x 28.4 cm, bleed 44.4 x 29.2 cm                    Rp. 78.000.000
-       Cover 3 (FC), trim 21.4 x 28.4 cm, bleed 22 x 29.2 cm                                            Rp. 41.500.000
-       Cover 4 (FC), trim 21.4 x 28.4 cm, bleed 22 x 29.2 cm                                            Rp. 55.000.000
-       Junior page (FC), trim 13.8 x 21 cm, bleed 14.6 x 21.8 cm                                      Rp. 34.500.000




STRATEGI  PEMASARAN MAJALAH FEMINA DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI

            Globalisasi adalah suatu proses yang menyeluruh atau mendunia dimana setiap orang tidak terikat oleh negara atau batas-batas wilayah, artinya setiap individu dapat terhubung dan saling bertukar informasi dimanapun dan kapanpun melalui media elektronik maupun cetak. Pada era globalisasi ini, berita informasi tidak hanya bisa didapatkan melalui media cetak maupun media elektronik, namun kita juga bisa mendapatkannya melalui media interaktif yaitu internet. Internet merupakan media interaktif yang juga dapat berfungsi sebagai media yang menyediakan berbagai informasi karena dewasa ini setiap orang bisa menuliskan sebuah informasi dengan bebas melalui media internet.
            Majalah femina sendiri adalah majalah wanita yang populer sejak tahun 1970 an. Majalah femina merupakan majalah dibawah naungan Femina Group yang diterbitkan oleh PT Gaya Favorit Press. Majalah tersebut menargetkan kaum wanita sebagai pembaca karena isinya memuat berbagai macam hal yang menyangkut tentang wanita, seperti fashion & beauty, resep-resep makanan, info- info praktis untuk wanita, hal-hal kewanitaan, bahkan karir dan relationship.
            Di era globalisasi ini, majalah femina memiliki strategi pemasaran yang baik untuk bersaing. Mengingat bahwa pada era ini segala hal dengan sangat mudahnya bisa diakses melalui smartphone, maka dari itu majalah femina tak hanya berkecimpung di media cetak, namun juga hadir dalam bentuk online yang bisa diakses di www.femina.co.id. Dalam website tersebut tersedia berbagai macam informasi menarik yang tentunya merupakan informasi terkini. Selain itu juga tersedia quiz-quiz sebagai intermezzo dan kisah inspiratif yang disediakan oleh femina dalam webnya. Dan yang terpenting adalah majalah femina ini memiliki gaya penulisan yang sederhana, jelas, serta dari hati ke hati, artinya timbul kontak antara penulis dan pembaca.
            Hal tersebut tentunya menjadi sebuah alasan bagaimana majalah femina tetap bisa eksis hingga saat ini. Majalah femina mampu mengahadapi persaingan di era globalisasi ini dengan menghadirkan majalah yang bisa diakses secara online. Tak hanya itu, majalah femina juga menghadirkan berbagai event menarik seperti sayembara berhadiah tiket beauty fest asia yang tentunya menarik bagi kaum wanita.




Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Femina
https://www.femina.co.id/
https://www.facebook.com/pg/FeminaMagazineIndonesia/about/?ref=page_internal
http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjz8fDNj-LWAhVKpZQKHfDXCfYQFggnMAA&url=http%3A%2F%2Fwww.lontar.ui.ac.id%2Ffile%3Ffile%3Ddigital%2F124146-SK%2520001%252009%2520Rul%2520p%2520-%2520Pengaruh%2520keterlibatan-Analisis.pdf&usg=AOvVaw0oG_3X6ZZWDchSMzyqTE-r
https://pusatpemasanganiklan.com/majalah/55-femina
http://ukuraniklan.blogspot.co.id/
https://www.kompasiana.com/wahyu.avice/kata-mungkin-tidak-pernah-ada-dalam-kamus-femina-group_552824f2f17e61761d8b460b
https://books.google.co.id/books?id=3UJ4c_dskHEC&pg=PA456&lpg=PA456&dq=jumlah+halaman+majalah+femina&source=bl&ots=DErwFuUWTp&sig=lV68ZFSDc8KPCraOwTyUwSF7Lwg&hl=en&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=jumlah%20halaman%20majalah%20femina&f=false
http://www.kuliah.info/2015/05/apa-itu-globalisasi-ini-pengertian.html
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat Container (CT) dan Virtual Machine (VM) pada Proxmox Sebelum melangkah jauh pada tahap pembuatan Container (CT) dan Virtual...