Nama : Shafa GiyanA’yuni
NIM : 01716146259
Prodi : MIK
Kelas/Semester : A/I
Mata
Kuliah : Manajemen Media
Dosen : Ibu Yolanda Presiana
Desi
MAJALAH FEMINA
Femina
Group adalah perusahaan yang didirikan pada awal tahun 1970 an. Perusahaan ini
menerbitkan 13 majalah lokal maupun yang berlisensi global, salah satunya
adalah majalah femina. Selain majalah, Femina Group juga memiliki berbagai unit
usaha lain, yakni dua stasiun radio dan rumah produksi.
Majalah femina sendiri terbit
pertama kali pada awal tahun 1970 an dan merupakan majalah yang populer hingga
saat ini. Selain dalam bentuk cetak, majalah femina juga hadir dalam versi
online. Majalah ini membahas soal wanita mulai dari kecantikan, cinta, karir,
parenting, resep, dan sebagainya. Isu wanita yang hadir dalam majalah femina
juga sesuai dengan kondisi dan situasi masyarakat Indonesia yang terjadi.
Banyak selebritis terkenal asal Indonesia yang sudah menghiasi halaman majalah
femina. Selain menyajikan berita soal wanita, ada pula kisah inspiratif yang bisa
menggugah semangat para wanita untuk menjadi lebih baik.
PROFIL MAJALAH
FEMINA
Kategori :
Majalah wanita
Penerbit :
PT Gaya Favorit Press
Frekuensi :
Mingguan
Bahasa :
Indonesia
Full
pages : 21.4 cm x 28.4
cm
Deadline
materi : 3 minggu sebelum edar
Oplah
awal : 20.000 eksemplar
Isi : - Fashion and
beauty
- Resep-resep
makanan
- Info-
info praktis untuk wanita
- Hal-hal
kewanitaan
- Karir
dan relationship
Jumlah
halaman : 48
Komposisi
editorial : - Mode & kecantikan (25%)
- Kuliner
& rumah (25%)
- Pengembangan
diri, karir, dan keuangan (20%)
- Relationship
dan seks (15%)
- Kesehatan
& kebugaran (15%)
Official
addres : Gedung Femina lantai 5
Jalan HR Rasuna Said, Blok B, Kav 32-33, Jakarta 12910
Website : www.femina.co.id
Email : - info@femina-online.com
Mailing list :
http://groups.yahoo.com/group/femina-friends
DATA
PENDISTRIBUSIAN (140.000 eksemplar)
DKI
Jakarta : 60%
Jawa
Barat & Banten : 9%
Jawa
Timur : 9%
Sumatera : 7%
Jawa
Tengah & DIY : 6%
Sulawesi : 3%
Kalimantan : 3%
Bali
& Nusa Tenggara : 2%
Lainnya : 1%
TENTANG PEMBACA
Sasaran
pembaca : Wanita
berusia 25-35 tahun
Status
pembaca : - Lajang atau menikah
- Bekerja
dan berwirausaha
Pendidikan : S1-S2
KARAKTERISTIK
PEMBACA
- Wanita yang sangat memperhatikan penampilan
dan pengikut tren sejati : 98%
-
Wanita
yang menganggap perawatan tubuh penting : 97%
-
Wanita
yang menjadikan perhiasan sebagai penunjang penampilan : 95%
-
Wanita
yang merasa bahwa dirinya fashionable : 84%
-
Wanita
yang menyukai mode terkini : 70%
-
Wanita
pecinta aksesoris : 70%
-
Wanita
yang melakukan perawatan kecantikan di salon dan rumah : 70%
-
Wanita
yang melakukan olahraga teratur dan diet seimbang :
60%
-
Wanita
yang mapan secara keuangan : 60%
-
Wanita
yang menyisihkan pendapatannya untuk investasi : 60%
-
Wanita
yang mandiri atas penghasilan yang diperoleh : 41%
-
Pembaca
yang menilai artikel di majalah femina sangat berguna : 94%
-
Pembaca
yang menganggap majalah femina sebagai sumber informasi utama : 90%
untuk mengetahui produk perawatan wajah
dan tubuh terbaru
TARIF IKLAN DISPLAY PER KAVLING
-
1
full page advertorial (FC) materi dibuat oleh femina Rp. 62.250.000
-
1
full page (FC) halaman dalam, trim 21.4 x 28.4 cm, bleed 22.2 x 29.2 cm Rp. 41.500.000
-
½
halaman vertikal (FC), trim 10.5 x 28.4 cm, bleed 11.3 x 29.2 cm Rp. 33.500.000
-
½
halaman horisontal (FC), trim 21.4 x 14 cm, bleed 22.2 x 14.8 cm Rp. 33.500.000
-
1/9
halaman (FC) mini ad, trim 5.5 x 7.75 cm Rp. 6.250.000
-
2/9
halaman horisontal (FC) mini ad, trim 11.5 x 7.75 cm Rp. 8.750.000
-
2/9
halaman vertikal (FC) mini ad, trim 5.5 x 16 cm Rp. 8.750.000
-
3/9
halaman horisontal (FC) mini ad, trim 18.5 x 7.75 cm Rp. 13.000.000
-
3/9
halaman vertikal (FC) mini ad, trim 5.5 x 25 cm Rp. 13.000.000
-
Cover
2 + halaman 3 (FC), trim 42.8 x 28.4 cm, bleed 44.4 x 29.2 cm Rp. 78.000.000
-
Cover
3 (FC), trim 21.4 x 28.4 cm, bleed 22 x 29.2 cm Rp. 41.500.000
-
Cover
4 (FC), trim 21.4 x 28.4 cm, bleed 22 x 29.2 cm Rp. 55.000.000
-
Junior
page (FC), trim 13.8 x 21 cm, bleed 14.6 x 21.8 cm Rp. 34.500.000
STRATEGI PEMASARAN MAJALAH FEMINA DALAM MENGHADAPI ERA
GLOBALISASI
Globalisasi adalah suatu proses yang
menyeluruh atau mendunia dimana setiap orang tidak terikat oleh negara atau
batas-batas wilayah, artinya setiap individu dapat terhubung dan saling
bertukar informasi dimanapun dan kapanpun melalui media elektronik maupun
cetak. Pada era globalisasi ini, berita informasi tidak hanya bisa didapatkan
melalui media cetak maupun media elektronik, namun kita juga bisa
mendapatkannya melalui media interaktif yaitu internet. Internet merupakan
media interaktif yang juga dapat berfungsi sebagai media yang menyediakan
berbagai informasi karena dewasa ini setiap orang bisa menuliskan sebuah
informasi dengan bebas melalui media internet.
Majalah femina sendiri adalah
majalah wanita yang populer sejak tahun 1970 an. Majalah femina merupakan
majalah dibawah naungan Femina Group yang diterbitkan oleh PT Gaya Favorit
Press. Majalah tersebut menargetkan kaum wanita sebagai pembaca karena isinya
memuat berbagai macam hal yang menyangkut tentang wanita, seperti fashion &
beauty, resep-resep makanan, info- info praktis untuk wanita, hal-hal
kewanitaan, bahkan karir dan relationship.
Di era globalisasi ini, majalah
femina memiliki strategi pemasaran yang baik untuk bersaing. Mengingat bahwa
pada era ini segala hal dengan sangat mudahnya bisa diakses melalui smartphone,
maka dari itu majalah femina tak hanya berkecimpung di media cetak, namun juga
hadir dalam bentuk online yang bisa diakses di www.femina.co.id.
Dalam website tersebut tersedia berbagai macam informasi menarik yang tentunya
merupakan informasi terkini. Selain itu juga tersedia quiz-quiz sebagai
intermezzo dan kisah inspiratif yang disediakan oleh femina dalam webnya. Dan
yang terpenting adalah majalah femina ini memiliki gaya penulisan yang
sederhana, jelas, serta dari hati ke hati, artinya timbul kontak antara penulis
dan pembaca.
Hal tersebut tentunya menjadi sebuah
alasan bagaimana majalah femina tetap bisa eksis hingga saat ini. Majalah
femina mampu mengahadapi persaingan di era globalisasi ini dengan menghadirkan
majalah yang bisa diakses secara online. Tak hanya itu, majalah femina juga
menghadirkan berbagai event menarik seperti sayembara berhadiah tiket beauty
fest asia yang tentunya menarik bagi kaum wanita.
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Femina
https://www.femina.co.id/
https://www.facebook.com/pg/FeminaMagazineIndonesia/about/?ref=page_internal
http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjz8fDNj-LWAhVKpZQKHfDXCfYQFggnMAA&url=http%3A%2F%2Fwww.lontar.ui.ac.id%2Ffile%3Ffile%3Ddigital%2F124146-SK%2520001%252009%2520Rul%2520p%2520-%2520Pengaruh%2520keterlibatan-Analisis.pdf&usg=AOvVaw0oG_3X6ZZWDchSMzyqTE-r
https://pusatpemasanganiklan.com/majalah/55-femina
http://ukuraniklan.blogspot.co.id/
https://www.kompasiana.com/wahyu.avice/kata-mungkin-tidak-pernah-ada-dalam-kamus-femina-group_552824f2f17e61761d8b460b
https://books.google.co.id/books?id=3UJ4c_dskHEC&pg=PA456&lpg=PA456&dq=jumlah+halaman+majalah+femina&source=bl&ots=DErwFuUWTp&sig=lV68ZFSDc8KPCraOwTyUwSF7Lwg&hl=en&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=jumlah%20halaman%20majalah%20femina&f=false
http://www.kuliah.info/2015/05/apa-itu-globalisasi-ini-pengertian.html

Tidak ada komentar:
Posting Komentar